Selasa, 12 Mei 2009

Bakti kepada ibu

Ada seorang laki-laki datang menemuai Ibnu Abbas, lalu menuturkan kisahnya: “aku mencintai seorang wanita, lalu meminangnya, namun dia menolak. Setelah itu datang laki-laki lain meminangnya, ternyata dia mau. Sungguh aku merasa cemburu, sehingga aku membunuhnya. Duhai, apakah aku berkesempatan untuk bertaubat?” Ibnu Abbas balik bertanya: “apakah ibumu masih hidup?” laki-laki itu menjawab “tidak.” Ibnu Abbas berkata: “ kalau begitu bertaubat saja kepada Allah, dan beramallah sebisamu.” Ada orang yang hadir disitu bertanya kepada Ibnu Abbas: “kenapa engkau menanyakan tentang ibunya?” Ibnu Abbas menjawab: “aku tidak mengetahui adanya suatu amalan yang lebih mampu mendekatkan diri seseorang kepada Allah, selain berbakti kepada seorang ibu.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar